Sunday, February 1, 2015

Tips-Tips Meraih Nilai Maksimal Dalam Mengerjakan Ulangan



Ketika kita dihadapi dengan sebuah ulangan, pikiran kita pasti menjadi stress. Mengapa ? Sebab terkadang kita memiliki kekhawatiran dalam mengerjakan soal yaitu takut mendapat nilai rendah karena banyak soal yang terjawab salah. Untuk itu saya akan memberikan tips-tips dalam mengerjakan ulangan atau test dan pastinya mendapatkan nilai maksimal.

Berikut ini saya memiliki beberapa tips yang menurut ane Works 100%. Langsung aja dibaca dibawah ini :

1. Belajarlah dengan giat dan serius tanpa gangguan
Langkah ini merupakan langkah penting, karena jika ada tidak memiliki niat meraih hasil terbaik dalam ulangan, maka hasil ulangan yang kalian kerjakan akan mendapatkan nilai yang tidak maksimal juga. Belajarlah dari jauh-jauh hari dengan serius, dan usahakan membatasi diri dalam hal-hal tidak penting seperti bermain, gadget, nonton TV, dll.

2. Berusaha untuk memahami bukan menghafal
Ketika belajar, janganlah terpaku untuk menghafal kata-kata yang persis sesuai dengan buku atau media belajar lainnya. Berusahalah memahaminya karena memahami lebih cepat meresap di otak dibanding menghafal. Cobalah untuk mencari kata kunci dari materi yang ada sehingga dalam menjawab soal kita tak akan kesulitan.

3.  Percaya diri dalam mengerjakan soal
Dari semua langkah, inilah yang paling berpengaruh menurut saya. Mengapa ? Kita juga harus memiliki kepercayaan diri dalam mengerjakan sebuah soal. Yakinlah bahwa jawaban yang kita pilih adalah tepat, janganlah terpacu terhadap jawaban teman alias menyontek. Contohnya adalah ketika menghadapi soal yang sulit, saya menjawab A. Sedangkan menurut teman sebelah menjawab B. Akhirnya kita merubah jawaban kita menjadi B. Namun, ketika dikoreksi, jawabannya adalah A. Astaga ! Nyesek bro kalau ada dilema kayak gitu.

4.  Berdoa kepada Tuhan
Usaha yang dilakukan jika disertai doa akan berjalan lebih baik. Sama halnya dalam belajar. Jika kita mengandalkan doa untuk mendapatkan nilai bagus tanpa usaha, maka tidak ada gunanya, dan sebaliknya. Usaha dan doa harus disertakan agar meraih nilai yang maksimal dan akhirnya menumbuhkan kepercayaan diri yang tinggi mendapatkan nilai maksimal dan tercapailah itu.

5.  Jangan menerapkan SKS
Kalian pasti tahu kan SKS ? Yap, SKS singkatan dari Sistem Kebut Semalam. SKS hanya membuat kita semakin stress untuk menghadapi test di esok hari. Saran ane adalah belajarlah jauh-jauh hari sebelum hari H-nya. Misalnya 2-4 hari sebelum hari test berlangsung. Ane yakin bakal mendapatkan nilai yang terbaik.

6. Teliti lagi setelah mengerjakan
Nah, teliti kembali juga perlu sobat. Terkadang kita menjawab salah pada beberapa soal, atau takut adanya kesalahan dalam menjawab. Maka dari itu haruslah diteliti apakah jawaban yang kita pilih sudah yakin atau belum. Jika ada sisa waktu pakailah waktu itu untuk meneliti seluruh jawaban.

7. Jangan sombong gan selesai ulangan
Nah, ini faktor yang bisa membuat nilai ulangan kita tiba-tiba tidak teraih apa yang kita inginkan. Sombong selesai ulangan itu misalnya berpikir gampang banget dan bercengkerama dengan teman kalau ulangannya gampang banget dan yakin 100. Awas gan, biasanya malah kebalikannya dan nilai yang bikin nyesek, hehe.

Itulah beberapa tips dalam mengerjakan ulangan versi ane :v. Saya membagikan tips ini karena sebentar lagi ane juga mau menghadapi test di beberapa hari kedepan :v. Sekian artikel ini, Terima kasih.

No comments:

Post a Comment