Muka-muka ambis
1. IF2210
– Pemrograman Berorientasi Objek (3 SKS)
Mata kuliah ini merupakan mata kuliah
pemrograman lanjutan setelah lulus dari mata kuliah Algoritma dan Struktur Data
pada semester sebelumnya. Dari aku sendiri, mata kuliah ini sangat seru karena
mata kuliah ini menerapkan pemrograman dari paradigma yang berbeda, yaitu paradigma
objek. Konsepnya cukuplah sederhana, yaitu Everything is object. Semua hal
adalah objek, yang mempunyai atribut dan tingkah laku tertentu. Mata kuliah ini
merupakan mata kuliah paling krusial karena bakal kepake banget buat ke
depannya. Tugas-tugas besarnya sangat menjelaskan mengapa pemrograman berorientasi
objek menjadi dominan dan kepake buat aplikasi aplikasi besar. Di OOP, terdapat
2 tugas besar yang dikerjakan, yaitu
- Simple
Calculator dengan Pendekatan Objek
- Avatar
Duel Card Game
Kebayang gak objek-objeknya gimana? Disini,
contoh paling gampang kalkulator. Kalkulator terdiri atas tombol-tombol yang bisa
merepresentasikan tombol digit, tombol operasi, dan tombol evaluate. Jadi,
setiap menekan tombol digit, digit tersebut akan tampil dalam layar. Ketika tombol
evaluate ditekan, maka akan ditampilkan pada layar hasil evaluasi bisa 1 + 1,
bisa 2 x 3, ke dalam layar.
Jadinya, setiap tombol tersebut merepresentasikan objek gitu, yang kalau ditekan, bakal melakukan sesuatu. Kira-kira gitu deh Pemrograman Objek ini. Seru bukan? Aku sendiri senang mengikuti mata kuliah ini. Buat tips-tipsnya, jangan bosen-bosennya ngoding dan mencoba contoh-contoh program objek yaa, penting banget soalnya buat ngasah kemampuan berpikir objek. Mungkin terlihat mudah ketika membaca solusi, namun perlu juga buat mengasah otak problem solving sendiri terkait persoalan berbasis objek.
2. IF2211
– Strategi Algoritma (3 SKS)
Mata kuliah ini juga gak kalah menarik nih sama
yang di atasnya! Mata kuliah ini merupakan bentuk practical dari mata
kuliah dasar semester 3 sebelumnya (Matematika Diskrit, Aljabar Geometri, Teori
Bahasa Formal, Logika Komputasional). Semuanya dikemas dalam bentuk practical
programming dengan strategi-strategi algoritma yang sesuai. Makanya, namanya
Strategi Algoritma. Ini merupakan mata kuliah dengan kontribusi tugas terbanyak,
terdapat 3 tugas kecil dan 3 tugas besar yang perlu dikerjakan. Apesnya lagi,
pada angkatanku, tugas besar terakhir berubah menjadi tugas kecil. Tugas kecil
disini juga merujuk pada banyaknya orang yang mengerjakan. Tugas kecil
cenderung dikerjakan secara individual, sedangkan tugas besar dikerjakan berkelompok.
Untuk daftar tugasnya sendiri, berikut ini adalah daftar tugas dari Strategi
Algoritma.
-
Penyelesaian Convex-Hull dengan Algoritma Brute
Force
-
Penerapan Algoritma Greedy dalam
Permainan Tower Defense
-
Perkalian Polinomial
dengan Pendekatan Divide
and Conquer
-
Simulasi Penyebaran
Virus dengan Algoritma BFS
-
Penyelesaian 15
Puzzle Game dengan Branch and Bound
- Ekstraksi Informasi
dari Berita menggunakan Pattern Matching dan Regular Expression
Kayaknya udah bisa ketebak lah yaa, mana yang tugas
kecil, mana yang tugas besar? Kalau ga ketebak, jadi tugas kecil sama tugas
besarnya selang-seling gitu. Meskipun tugasnya banyak, tapi ini seru banget
gaboong. Semua tugas menerapkan teori-teori mata kuliah semester sebelumnya,
lalu dikemas dalam algoritma-algoritma tertentu. Tujuannya sendiri adalah mampu
mengaplikasikan algoritma tertentu agar suatu permasalahan dapat diselesaikan
secara efisien dan tepat guna. Kalau dilihat
dari tugas-tugasnya, keren kaan? Bisa bikin puzzle solver sendiri, extractor
sendiri, dan sebagainya. Pokoknya ini menantang banget deh.
Buat tips-tipsnya, kerjakan tugas-tugasnya
sendiri-sendiri ya, jangan kebanyakan copas sana sini, apalagi copas kerjaan
temen (lebih parah lagi kalo dikerjain temen). Jangan deh! Soalnya ini mata
kuliah ngajarin pola berpikir logika banget kalo kataku tuh. Bakal ada rasa
puas tersendiri kok kalo bisa sendiri, karena memang tugasnya sangat sejalur
dengan kuliah yang dijalanin.
3. IF2220
– Probabilitas dan Statistika (3 SKS)
Mata kuliah ProbStat merupakan mata kuliah yang
benar-benar matematis banget kalo menurutku. Mengapa begitu? Karena mata kuliah
ini banyak banget rumusnya! Prerequisitesnya aja Kalkulus I dan Kalkulus II.
Dan ternyata memang bener banget. Rumus-rumus dan logika berpikir kalkulus
kepake lagi di mata kuliah ini. Mata kuliah ProbStat mengajarkan tentang teori
probabilitas dan penggunaannya dalam statistik.
Probabilitas disini berbeda dengan probabilitas
melempar dadu begitu ya, namun ke level yang lebih kompleks, dan lebih
bermanfaat tentunya untuk pengolahan statistik nantinya. Tidak banyak orang
yang menyukai mata kuliah ini, mungkin karena terbiasa dengan teori pemrograman
kali ya, dan memang ini satu-satunya mata kuliah yang benar-benar mata kuliah
dasar juga, jadi mungkin sulit menemukan titik terang pemrogramannya. Mata
kuliah ini mata kuliah satu-satunya tanpa tugas besar, namun seperti PAR,
terdapat PR mingguan yang harus dikerjakan dan sangat membantu ke depannya.
Untuk tips-tipsnya, please banget, kerjakan
PR sendiri-sendiri, jangan dikit-dikit nyontek punya temen. Kerjakan sesuai
dengan teori-teori yang sudah dipahami sebelumnya. Kalo misalkan nyontek dari
internet atau sumber manapun, please banget buat dipahamin juga, jangan sekadar
nyalin. Karena bagi aku sendiri, mata kuliah ini tidak sesulit yang kupikir
sebelumnya. Kuncinya sama seperti PAR dulu, belajar dan latihan soal.
4. IF2230
– Sistem Operasi (3 SKS)
Wow, mata kuliah Sistem Operasi. Mata kuliah
ini mengajarkan tentang dasar-dasar dari Sistem Operasi, cara kerja Sistem
Operasi, hingga proteksi pada Sistem Operasi. Mata kuliah ini satu-satunya mata
kuliah yang tugas nya “jauh banget” sama mata kuliahnya. Kuliah belajar
mengenai teori dasar Sistem Operasi, sedangkan tugas belajar tentang
implementasi Sistem Operasi sendiri menggunakan Linux. Keren banget bisa tau
cara kerja OS, di balik Windows / iOS yang kita jalankan, ternyata begini toh.
Keren gituu, tapi, tubesnya menderita jujur.
Kata kating-kating, kalo nyari kelompok, jangan
sampe kelompok yang zonk atau asal-asal. Kenapa? Karena tugas besarnya cuman
satu untuk 1 semester, yaitu membuat Sistem Operasi dengan 4 milestone. Jujur
saja, tugas besar yang ini benar-benar aneh dan sulit menurutku. Pola
berpikirnya berbeda dengan sekadar membuat aplikasi pemrograman biasa,
melainkan lebih dalam dari itu. Perlu pemahaman akan Organisasi dan Arsitektur Komputer
yang lebih matang agar pembuatan Sistem Operasi bisa lebih mudah. Aku berterima
kasih karena aku boleh diajak oleh teman-teman yang sangat kooperatif dan dalam
tugas sistem operasi ini (baru tugas ini aja, aku berasa dicarry banget sama
dua temenku, aku paling payah disini). Intinya, jangan ngasal-ngasal dah pas milih
kelompok buat OS ini wkwk, dan jangan pernah berhenti untuk berusaha.
5. IF2240
– Basis Data (3 SKS)
Pada awalnya, aku berpikir bahwa basis data
cuman belajar tentang data ada tipe integer, string (ya karena itu kan basis).
Tapi, betapa bodohnya aku berpikir begitu. Basis data ini bahasa Inggrisnya kan
Database. Jadi ini belajar tentang Database, mulai dari konsep
database itu sendiri, kenapa make database, hingga pengenalan SQL dan bagaimana
membuat database yang baik. Pada awalnya aku cukup meremehkan mata kuliah ini,
karena yaa prinsipnya kayak Excel gitu, ambil-ambil data gitu, membuat tabel
isinya kolom-kolom tertentu, dan sebagainya.
Tapi ternyata, ga semudah itu cuy. Suka ada
yang ngulang di mata kuliah ini kalo ga serius. Untuk membuat database juga ga
sembarangan lho, ada aturan-aturan tertentu (seperti normalisasi), yang mungkin
pada awalnya (Ah ini apaan dah gajelas), tapi sebenernya lama-kelamaan masuk
akal juga kok kenapa dilakukan normalisasi gitu. Begitupula teknik-teknik
database lainnya.
Tips-tipsnya adalah, jangan meremehkan mata
kuliah ini meskipun terlihat mudah di awal. Jangan pernah menyerah untuk
mempelajari database, jangan jenuh-jenuhnya baca-baca referensi (mengingat
slidenya full english dan referensinya juga tebal). Sama, jangan
males-males buat mencoba sendiri latihan-latihan database ini.
6. IF2250
– Rekayasa Perangkat Lunak (3 SKS)
Mata kuliah ini jadi jembatan banget buat
pengenalan pada dunia software engineering. Mata kuliah ini mengajarkan
tentang apa itu software engineering, tools-tools dalam software engineering,
dan membangun perangkat lunak sederhana. Mengingat ini adalah jembatan awal
untuk pengenalan dunia software engineering, jadinya mata kuliah ini
bakal lebih banyak ngebahasnya secara teori. Dari mata kuliah ini, aku menyadari
bahwa suatu software bukan dibuat secara langsung dengan terjun pada coding
atau implementasi. Ibaratnya, perlu algoritma dan ide terlebih dahulu untuk membuat
suatu program. Dalam konteks software engineering, ternyata banyak loh
proses panjang dalam membangun suatu aplikasi atau software. Di sini
bakal diajarin gimana proses-proses panjang tersebut.
Mungkin banyak orang yang menganggap ini
membosankan, tapi inget, jangan pernah meremehkan suatu materi sedikitpun.
Inget, yang butuh ini siapa. Meskipun ada orang yang merasa tidak butuh
ini, namun yang namanya ilmu, jangan pernah menolak ilmu tersebut, apalagi
diberikan kesempatan untuk berkuliah dan menerima ilmu software engineering
tersebut. Tips-tipsnya tersirat di atas sebenernya, tapi intinya adalah,
ikutilah mata kuliah ini dengan baik dan serius.
7. AS2005
– Astronomi dan Lingkungan (2 SKS)
Mata kuliah ini merupakan salah satu mata
kuliah wajib lingkungan pada bidang Astronomi. Mata kuliah ini merupakan
pilihan dari 5 mata kuliah wajib lingkungan lainnya. Aku sendiri memilih mata
kuliah Astronomi dan Lingkungan karena melihat silabusnya yang menarik dan
ingin tahu juga tentang dunia astronomi. Dan ternyata, aku gak salah pilih!
Mata kuliah ini sangat membuka wawasanku tentang keadaan lingkungan saat ini
dari sudut pandang astronomi.
Mata kuliah ini berbicara mulai dari polusi cahaya, lingkungan angkasa, dan pencarian planet mirip bumi di angkasa yang kita kenal saat ini. Pokoknya keren deh. Kegiatan perkuliahan lebih banyak dalam bentuk perkuliahan biasa, dosen menjelaskan, mahasiswa mendengarkan. Kadangkala ada juga kelas yang melakukan diskusi kelompok. Dari aku sendiri, aku seneng banget dengerin dosen menjelaskan ilmunya terhadap mahasiswa-mahasiswanya tentang lingkungan di bumi dan angkasa dari sisi astronomi. Keren dehh, aku seneng dan ga nyesel samsek ngambil mata kuliah ini.
Mata kuliah ini berbicara mulai dari polusi cahaya, lingkungan angkasa, dan pencarian planet mirip bumi di angkasa yang kita kenal saat ini. Pokoknya keren deh. Kegiatan perkuliahan lebih banyak dalam bentuk perkuliahan biasa, dosen menjelaskan, mahasiswa mendengarkan. Kadangkala ada juga kelas yang melakukan diskusi kelompok. Dari aku sendiri, aku seneng banget dengerin dosen menjelaskan ilmunya terhadap mahasiswa-mahasiswanya tentang lingkungan di bumi dan angkasa dari sisi astronomi. Keren dehh, aku seneng dan ga nyesel samsek ngambil mata kuliah ini.
Ohiya, fyi, aku diajarkan oleh dosen
yang banyak orang bilang membosankan. Tapi aku selalu punya prinsip untuk tidak
pernah melihat dari dosen yang mengajar, melainkan ilmu yang diajarkannya.
Menurutku, bagus-bagus saja kok pengajaran yang dilakukan oleh dosen. Kesabaran
dosen dalam menjelaskan selama 2 jam menurutku menjadi point bagus. Mungkin
saja karena aku suka belajar dengan mendengarkan, jadinya aku seneng ngikutin
mata kuliah ini. Aku penasaran apa yang dipikirkan orang lain sampe-sampe males
ngikutin mata kuliah ini (dalam artian mengikuti cuman sekadar kewajiban saja).
Seru lho, astronomi tuh. Simple tips: Just enjoy it!
Bonus:
Itu
aja cerita-ceritaku mengenai kehidupan semester 4 aku di Teknik Informatika
ITB. Terima kasih telah membaca, semoga bermanfaat!
Alarm yang tidak ingin didengar :(
Senin, 15 Juni 2020
Michael Hans
No comments:
Post a Comment