Sunday, March 15, 2015

Cara Memupuk Rasa Percaya Diri Dalam Menghadapi UN

Sebelumnya saya berterima kasih kepada Fiona yang merequest kepada ane untuk membuat post tentang ini.

Ujian Nasional adalah ujian terakhir yang akan dijalani oleh kelas tertinggi dari suatu tingkatan sekolah seperti kelas 6 pada SD, kelas 9 pada SMP, dan kelas 12 pada SMA/SMK. Ujian Nasional terkadang menjadi beban bagi para siswa sehingga bisa membuat para siswa frustasi duluan sebelum menjalani UN pada hari H nya. Selain itu dalam menjalani UN perlu lah memupuk rasa percaya diri agar hasil UN membawakan hasil yang memuaskan dan yang terbaik. Jika belum ada rasa percaya diri, maka hasilnya juga akan berbeda jauh dari ekspetasi.

Berhubungan ane juga mau menghadapi UN 2 bulan lagi, ane ma
u share beberapa metode atau cara untuk memupuk rasa percaya diri dalam menghadapi UN. Langsung aja gan cekidot :

1.  Berpikir Positif
Langkah pertama adalah selalu berpikir positif, yakni yakin akan lulus UN dengan nilai terbaik. Janganlah pesimis terlebih dahulu, usahakanlah alihkan pikiran ke yang menghibur jika rasa takut dan pikiran negatif menimpa anda sekalian. Pikiran positif bisa menolong anda untuk menghadapi UN nanti. Cara ini bisa kalian lakukan pada Try Out (Uji Coba Ujian Nasional). Lihatlah hasilnya !

2.  Teruslah berusaha dan bangkit dalam persiapan UN
Ketika agan mendapatkan nilai jelek pada Try Out dan latihan-latihan UN, biasanya langsung pada ngedrop nih. Nah, justru dari nilai jelek itu jadikanlah sebagai pelajaran yang berharga, sehingga agan mendapatkan gambaran untuk meningkatkan semaksimal mungkin sampai saat Ujian Nasional nanti. Tenang aja gan, try out dan semacamnya barulah uji coba agar nanti saat Ujian Nasional benar-benar siap.

3.  Memiliki Motivasi dalam menghadapi Ujian Nasional
Ini juga ngaruh gan, agan juga mesti punya motivasi dan niat yang tinggi dalam menghadapi UN. Misalnya seseorang berkeinginan untuk mendapatkan ini, dengan syarat meraih nilai rata-rata 90 dalam Ujian Nasional. Keinginan seseorang yang benar-benar diinginkan itu menjadi motivasi bagi orang itu untuk pantang menyerah untuk berusaha pada persiapan Ujian Nasional.

4.  Memperoleh dukungan yang kuat dari orang sekitar kita
Seperti dalam sebuah pertandingan, sebuah tim didukung oleh penggemarnya maka tim tersebut memiliki semangat untuk memenangkan pertandingan itu. Sama halnya kita yang mau menghadapi UN, kita juga sebenarnya didukung oleh banyak orang di sekitar kita, mulai dari keluarga, teman-teman, saudara-saudara, para guru, dan orang lainnya. Dari itu kita memupuk semangat dan rasa percaya diri dalam persiapan UN sehingga saat Ujian Nasional nanti kita bisa memenangkannya alias meraih nilai terbaik.

5.  Abaikan segala perkataan yang membuat patah semangat
Pasti beberapa teman agan berkata-kata yang membuat agan patah semangat, misalnya ketika dapat nilai TO yang jelek, temen agan justru menyombongkan nilainya di depan agan atau temen agan bersikap angkuh terhadap agan dengan menjelek-jelekan agan karena nilai jelek. Nah agan abaikanlah segala perkataan itu dan justru agan tunjukkan diri agan yang sebenarnya di esok hari terhadap temen agan yang memiliki sikap seperti itu.

6.  Berdoa dan percaya akan pertolongan Tuhan
Kalau yang ini bisa dibilang wajib kalau buat ane, gan. Usaha yang disertai doa akan mewujudkan hasil yang maksimal. Berdoalah kepada Tuhan agar memberikan jalan keluar dan pertolongan kepada anda serta percaya dan yakin 100% akan pertolongan Tuhan. Seperti 4 sehat 5 sempurna, nah kalau ini usaha menjadi sempurna jika disertai oleh doa. Hehehe..

Demikianlah beberapa tips yang ane bagikan. Semoga bermanfaat bagi anda. Terima Kasih.

1 comment: